Marketing  

We have 13 guests and no members online

Gorong-gorong adalah bangunan yang dipakai untuk membawa aliran air (saluran irigasi atau pembuang) melewati bawah jalan air lainnya (biasanya saluran), di bawah jalan, atau jalan kereta api. Gorong-gorong juga digunakan sebagai jembatan ukuran kecil, digunakan untuk mengalirkan sungai kecil atau sebagai bagian drainase ataupun selokan jalan.

Konstruksi gorong-gorong

Gorong-gorong dapat dibuat dari berbagai jenis material dapat dari baja, polyvinyl chlorida (PVC) atau dari beton.

 Gorong-gorong baja

Gorong-gorong baja biasanya menggunakan Corrugated Steel Pipe[1], kalau diterjemahkan secara bebas berarti Pipa Baja Bergelombang. Gorong gorong baja ini terutama dari jenis Multi Plate Pipe telah menjadi alternative penggantikan jembatan kayu dan box culvert beton , hal ini disebabkan gorong – gorong baja memiliki beberapa keuntungan dibanding dengan penggunaan kayu ataupun beton, di antara keuntungan tersebut antara lain :

  • Harga murah
  • Waktu pengerjaan cepat
  • Instalasi yang mudah, tidak memerlukan tenaga ahli khusus
  • Memiliki umur pakai yang panjang (bisa sampai 25 tahun)
  • Mudah dalam pengangkutan
  • Bisa dipindahkan dari satu titik ke titik lainnya apabila sudah tidak digunakan.

Gorong-gorong PVC

Gorong-gorong PVC biasanya digunakan untuk gorong-gorong dengan ukuran kecil

Gorong-gorong beton

Gorong-gorong beton disebut juga culvert box adalah gorong-gorong cor di pabrik (precast) ataupun dicor ditempat, dimensi tergantung kepada debit air yang akan dialirkan melalui gorong-gorong. Gorong-gorong yang dicor di pabrik dapat utuh dengan bentuk profil bulat atau persegi ataupun trapesium, ataupun modular yang terpisah atas dengan bawah.

Sumber: wikipedia

Add comment


Security code
Refresh